Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2016

Font Size: 
PENERAPAN MEDIA BUKU MODIFIKASI LAGU TEMA LINGKUNGAN KELAS II SEKOLAH DASAR
Riesky Lestari, Purwadi Purwadi

Last modified: 2016-10-06

Abstract


Abstrak

Latar belakang pengembangan ini adalah karena siswa dikelas rendah masih sulit dalam mengingat materi yang ada pada tema lingkungan, sehingga membuat guru memodifikasi materi menjadi sebuah lagu dan kemudian dijadikan menjadi buku agar siswa dapat dengan mudah memahami materi.Tujuan penelitian ini adalah mengetahuipengembangan media Buku Modifikasi Lagu Tema Lingkungan Kelas II Sekolah Dasar dalam meningkatkan jiwa enterpreneurship guru. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (R&D). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui validasi ahli media, ahli materi, uji keterbacaan, angket tanggapan 100 siswa diperoleh persentase 93%, 90%, 93% dan 100%, yang berada pada kriteria sangat baik (sangat layak) digunakan dalam pembelajaran. Dari hasil penelitian, rata-rata hasil belajar siswa menggunakan media Buku Modifikasi Lagu sebesar 88,95.Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan, media Buku Modifikasi Lagu Tema Lingkungan kelas II layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Melihat kondisi demikian, media tersebut dapat dipasarkan dikalangan instansi pendidikan sebagai media pembelajaran yang inovatif, kreatif dan menyenangkan. Media Buku Modifikasi Lagu Tema Lingkungan dapat digunakan sebagai ajang untuk menumbuhkan jiwa enterpreneurship bagi guru melalui pendidikan yang bermakna.

Kata kunci : Buku Modifikasi Lagu, Media Pembelajaran, Enterpreneurship

Abstract

The background of this development is due to the students in class low is still difficult in remembering the materials on the theme of the environment, thus making the teacher modifying materials into a song and made into a book so that students can easily understand the materian. The purpose of this study was to determine the development of media Buku Modifikasi Lagu Tema Lingkungan in improving the entrepreneurship spirit to teacher. This research includes research & development (R & D). The results of this study indicate that through the validation of media experts, subject matter experts, readability test, questionnaire responses of 100 students obtained percentage of 93%, 90%, 93% and 100%, which is at the criteria very well (very decent) used in learning. From the research, the average student learning outcomes using the media Buku Modifikasi Lagu models of 88,95. Based on these data we can conclude, Buku Modifikasi Lagu media in Class II feasible and effective use as a medium of learning. Seeing this condition, the media can be marketed among educational institutions as a learning medium that is innovative, creative and fun. Buku Modifikasi Lagu media can be used as a platform to foster entrepreneurship for teachers through meaningful education.

Keywords : Buku Modifikasi Lagu, Learning media, Enterpreneurship


Full Text: PDF