Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
STUDI PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR METEMATIKA
M. P. Arum, S. Wiryoatmojo, Supandi Supandi

Last modified: 2014-11-18

Abstract


Penelitian ini dilator belakangi adanya perubahan paradigma pembelajaran pada Kurikulum 2013 dimana lebih menekankan proses dari pada hasilnya. Untuk itu diperlukan alternatif model pembelajaran yang dapat merubah proses pembelajaran kearah Student Center Learning (SCL) yaitu Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW). Dari hal tersebut muncul permasalahan manakah hasil model yang lebih baik antara model PBL, model TTW, ataukah model konvensional untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil model PBL dari model Think Talk Write dan mengetahui hasil model pembelajaran PBL dan TTW lebih baik dari pembelajaran konvensional. Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Pertama dengan mengambil tiga kelas sebagai subjek penelitian yang berasal dari populasi berdistribusi normal. Setelah didapat data akhir dilakukan perhitungan uji ANAVA, uji t pihak kanan, dan uji t dua pihak sehingga didapat kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil PBL dari model TTW dan model konvensional, hasil model PBL lebihbaik dari model konvensional, hasil TTW lebihbaikdari model konvensional dan tidak ada perbedaan hasil model PBL dan model TTW. Dengan demikian dapat dikatakan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran Think Talk Write memberikan hasil yang signifikan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasa nstatistika.
Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL), Think Talk Write (TTW), Hasil Belajar Matematika.

Full Text: 745-750