Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP BERBANTU FLIP PUBLISHER DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI KUBUS DAN BALOK
M. Arwati

Last modified: 2014-11-18

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika SMP berbantu Flip Publisher dengan pendekatan kontekstual sebagai perangkat pembelajaran matematika yang layak dan efektif selama proses pembelajaran berlangsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development. Penelitian pengembangan menggunakan modifikasi model Thiagaran atau lebih dikenal dengan 4D dengan tahap pendefisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (dessiminate).Sebelum diujicobakan di lapangan, perangkat pembelajaran matematika SMP berbantu Flip Publisher dengan pendekatan kontekstual terlebih dahulu dilakukan uji validasi oleh ahli media dan ahli materi. Selain itu diperlukan juga angket tanggapan siswa mengenai media tersebut. Hasil dari validasi ahli dan angket siswa sebagian besar berkriteria sangat baik. Jadi perangkat pembelajaran matematika tersebut valid untuk diujicobakan. Uji keefektifan media menggunakan uji t pihak kanan yang hasil analisisnya diperoleh Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran matematika SMP berbantu Flip Publisher dengan pendekatan kontekstual lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada materi kubus dan balok.

Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, 4D, Flip Publisher, kontekstual, kubus dan balok


Full Text: 541-548