Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA KELAS X PADA MATERI KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN BIJI
Lenny Mulyani, Taufik Rahman, Topik Hidayat

Last modified: 2015-01-30

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa SMA kelas X pada materi tumbuhan biji serta mengungkap tanggapan siswa dan guru terhadap pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Proyek. Metode penelitian yang digunakan adalah weak-experimental dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian ini adalah dua kelas X di salah satu SMA Swasta di Kabupaten Bandung. Data diperoleh melalui soal penguasaan konsep, soal keterampilan proses sains, angket tanggapan siswa, rubrik penilaian produk dan presentasi serta lembar observasi pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengusaaan konsep yang signifikan setelah pembelajaran berbasis proyek (nilai Sig-2tailed < (0,05))pada kelas sampel dalam kategori sedang (N-gain=0,47). Terjadi peningkatan keterampilan proses sains yang signifikan setelah pembelajaran berbasis proyek dalam ketegori sedang (N-gain=0,58). Terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan konsep dan keterampilan proses sains (nilai Sig-2tailed < (0,05) dimana r=0,465 dalam kategori sedang. Hasil angket diperoleh bahwa siswa memberikan tanggapan positif terhadap pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek.
Kata kunci : Pembelajaran Berbasis Proyek, Penguasaan Konsep, Keterampilan Proses Sains, Tumbuhan Biji

Full Text: 299-306