Last modified: 2014-11-18
Abstract
Pemahaman akan informasi tentang bencana alam kebumian menjadi hal yang perlu, mengingat Indonesia merupakan negara dengan potensi bencana alam yang dapat terjadi kapan dan pada siapa saja. Penyampaian secara dini informasi ini melalui jenjang sekolah dasar diharapkan dapat memberikan kemanfaatan dan dapat membantu mengurangi resiko bencana pada anak-anak, karena mereka telah memahami dengan baik informasi tentang bencana alam kebumian. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan membuat bahan ajar tematik yang memuat informasi tentang bencana alam pada tema ’Peristiwa dalam Kehidupan’ dengan subtema ’Manusia dan Peristiwa Alam’ bagi siswa kelas V Sekolah Dasar. Eksperimen ini bertujuan untuk melihat adakah perbedaan pemahaman konsep anatara siswa yang belajar dengan menggunakan bahan ajar tematik tentang bencana alam kebumian dengan siswa yang belajar tanpa menggunakan bahan ajar tersebut pada pembelajaran PAIKEM. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen 82,44 dan nilai rata-rata kelas kontrol 73,41. Hal tersebut ditunjukan dengan uji-t dengan dk = 75 dan 𝜶=5% diperoleh 𝑡!!"#$% 8,204 dan 𝑡!"#$% 1,975. Jadi, nilai 𝑡!!"#$% > 𝑡!"#$% . Kesimpulan penelitian ini adalah pemahaman konsep siswa yang belajar dengan berbantuan bahan ajar lebih baik dari pada siswa yang tidak menggunakan bahan ajar tematik.
Kata kunci:bahan ajar tematik, bencana alam kebumian, PAIKEM