Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN 2016

Font Size: 
IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSI BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SMP N 1 PAGERUYUNG KENDAL
Eka Sari Setianingsih, Oktaviani Adhi Suciptaningsih

Last modified: 2017-01-09

Abstract


Pendidikan khusus merupakan pendidikan yang diperuntukan bagi siswa yang memiliki tingkat kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran karena memiliki kelainan fisik, emosional, mental, sosial, dan/atau memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa. Penelitian dilakukan dengan tujuan menganalisis implementasi manajemen pendidikan inklusi bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SMP N 1 Pageruyung Kendal. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif analitis. Hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan implementasi manajemen pendidikan inklusi bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SMP N 1 Pageruyung Kendal belum sesuai dengan ketentuan. Hal ini disebabkan oleh belum adanya SK Penunjukkan Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi sehingga pemenuhan berbagai komponen pendukung penyelenggaraan pendidikan inklusif belum bisa terpenuhi secara maksimal. Kesimpulannya adalah diperlukan adanya kesadaran semua pihak untuk terlibat aktif dalam berbagai kegiatan untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan inklusif sebagai perwujudan tanggung jawab bersama pendidikan untuk semua.Kata Kunci : Implementasi, Manajemen Pendidikan Inklusi, ABK

Full Text: 518-532