Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN 2016

Font Size: 
PEMBELAJARAN MENULIS CERITA BERGAMBAR DENGAN METODE DISCOVERY DI PERGURUAN TINGGI
Ambarini Asriningsari, Siti Fatimah, Marya Ulfa

Last modified: 2017-01-09

Abstract


Penelitian ini berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Cerita Bergambar dengan Metode Discovery Berbantuan Macroflash di Perguruan Tinggi”. Adapun permasalahan dalam penelitian ini, bagaimana media pembelajaran hasil pengembangan menulis cerita bergambar dengan metode discovery berbantuan macroflash di perguruan tinggi, dan bagaimana keefektifan penggunaan media pembelajaran menulis cerita bergambar dengan metode discovery berbantuan macroflash di perguruan tinggi. Manfaat penelitian, meliputi manfaat teoretis dapat digunakan sebagai khasanah teori yang terkait dengan pembelajaran penulisan karya sastra khususnya menulis cerita bergambar dan dapat dijadikan sumbangan keilmuan dalam dunia pendidikan terutama media pembelajaran untuk penulisan cerita bergambar. Manfaat praktis bagi dosen, memudahkan mengajarkan produksi cerita bergambar. Bagi mahasiswa, mudah memproduksi cerita bergambar. Bagi peneliti lain, melakukan analisis dan pengembangan lanjutan berkaitan dengan penulisan cerita bergambar. Tujuan dalam penelitian ini mendeskripsikan media pembelajaran hasil pengembangan menulis cerita bergambar dengan metode discovery berbantuan macroflash di perguruan tinggi, dan mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran menulis cerita bergambar dengan metode discovery berbantuan macroflash di perguruan tinggi. Berdasarkan hasil uji luas bahwa pada mata kuliah yang di dalamnya terdapat keterampilan membuat cerita bergambar ditemukan adanya kendala dalam proses belajar mengajar terutama pada media pembelajaran. Adapun kendala tersebut mengacu pada pemahaman mahasiswa tentang menulis cerita bergambar. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang dapat membantu mahasiswa dalam menulis cerita bergambar. Pemilihan media yang tepat sangat berpengaruh terhadap keberhasilan mahasiswa dalam menulis cerita bergambar. Fakta yang diperoleh menunjukkan adanya kebutuhan akan metode dan media pembelajaran yang tepat. Adapun metode tersebut adalah metode discovery. Di samping itu, diperlukan media yang tepat. Adapun media tersebut berupa macroflash, yang berisi konten tentang defisini, ciri, fungsi, tujuan, langkah-langkah, dan contoh cerita bergambar.Kata Kunci: Macroflash, dan Discovery, dan Cerita Bergambar

Full Text: 478-484