Seminar Universitas PGRI Semarang, LONTAR PHYSICS FORUM (LPF) 2015

Font Size: 
PENGGUNAAN PENILAIAN PORTOFOLIO BERBANTUAN KIT KALOR TERHADAP KETERAMPILAN KINERJA SISWA KELAS X SMK N 2 KENDAL
Rossetyanti Safitri, Susilawati Susilawati, Nur Khoiri

Last modified: 2016-06-20

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan penilaian portofolio berbantuan KIT kalor terhadap keterampilan kinerja siswa kelas X SMK N 2 Kendal. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen design dengan teknik posttest only control group design. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh hasil X TKR 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKR 2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen mendapatkan pembelajaran fisika menggunakan kit kalor dengan penilaian portofolio bermuatan kecapakan vokasional, sedangkan kelas kontrol hanya mendapatkan pembelajaran fisika dengan penilaian portofolio.

Hasil analisis menunjukkan bahwa kinerja siswa kelas eksperimen memperoleh nilai 0,73 (kategori tinggi), sedangkan untuk kelas kontrol memperoleh nilai 0,64 (kategori sedang). Berdasarkan hasil analisis menujukkan kelas eksperimen lebih unggul dalam kinerjanya dibandingakan dengan kelas kontrol. Dalam uji hipotesis satu pihak diperoleh thitung > ttabel yaitu , sehingga hasilnya untuk = diterima dan = ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan penilaian portofolio berbantuan KIT kalor terhadap keterampilan kinerja siswa kelas X SMK Negeri 2 Kendal.

Kata kunci: Penilaian Portofolio dan Penilaian Kinerja

Full Text: 99-103