Seminar Universitas PGRI Semarang, LONTAR PHYSICS FORUM (LPF) 2015

Font Size: 
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS XI SLB NEGERI SEMARANG TAHUN AJARAN 2013/2014
Isma Indah Pratiwi, Duwi Nuvitalia, Ngurah Ayu Nyoman Murniati

Last modified: 2016-06-20

Abstract


Penelitian ini bertujan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas XI SLB Negeri Semarang tahun pelajaran 2014/2015 dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan lembar kerja siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SLB Negeri Semarang yang berjumlah 9 siswa, terdiri atas 6 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Jenis penelitian yang diterapkan adalah Penelitian Tindakan Kelas melalui dua siklus pembelajaran. Tes diberikan pada setiap akhir siklus untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa, sedangkan observasi untuk mengetahui tingkat afektif dan psikomotorik siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning, hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Data hasil analisis data yang dilakukan, rata-rata nilai siswa di siklus I adalah 70 dan siklus II adalah 90.

Kata Kunci : Discovery Learning, Lembar Kerja Siswa, Hasil Belajar.

Full Text: 61-64