Seminar Universitas PGRI Semarang, LONTAR PHYSICS FORUM (LPF) 2015

Font Size: 
MANAJEMEN DIRI SDM PADA PEMBELAJARAN FISIKA KURIKULUM 2013
Arri Handayani, Ngurah Ayu Nyoman Murniati

Last modified: 2016-06-20

Abstract


Kurikulum 2013 digulirkan dengan memberikan warna baru dalam pendidikan di Indonesia. Perubahan dan pemenuhan kebutuhan untuk menciptakan SDM muda yang berkualitas dan unggul menjadi target dalam kurikulum ini. Hampir disemua mata pelajaran, perubahan besar tampak untuk mencapai tujuan yang ditetapkan di Kurikulum 2013. Perubahan mindset, perubahan perilaku pembelajaran, dll menjadi penciri kurikulum perubahan ini. Tidak terkecuali dalam pelajaran fisika. Penataan dan pengelolaan pendidik dan peserta didik sebagai satuanĀ  yang tidak terlepas dalam pelaksanaan kurikulum 2013. Kajian psikis perlu diberikan terhadap pengelolaan dan pengembangan diri pendidik dan peserta didik dalam satu sistem pembelajaran. Pengelolaan diri yang berhubungan dengan pengelolaan emosi, pengelolaan waktu dan pengelolaan materi menjadi kunci keberhasilan pelaksanaan kurikulum tersebut. Bagaimana attitude, knoledge, dan skill yang seharusnya muncul dari pendidik dan peserta didik selaku SDM pendidikan pada pembelajaran fisika di kurikulum 2013. Deskripsi manajemen diri sumber daya manusia pada pembelajaran fisika diperoleh melalui penelitian kualitatif.

Kata kunci: manajemen diri, SDM, Kurikulum 2013.


Full Text: 31-36