Seminar Universitas PGRI Semarang, LONTAR PHYSICS FORUM (LPF) 2015

Font Size: 
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT BERBANTUAN HANDOUT PADA POKOK BAHASAN BESARAN DAN SATUAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GUBUG
Yi’laa Nurul Imama, Harto Nuroso, Nur Khoiri

Last modified: 2016-06-20

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran cooperative script berbantuan handoutterhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Desain penelitian ini adalah quasi eksperiment yang berbentuk non equivalent pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Gubug pada tanggal 01-22 Agustus 2015 dengan populasi seluruh kelas X SMA Negeri 1 Gubug. Sampel terdiri dari dua kelas yang diambil dengan teknik cluster random sampling yaitu diperoleh kelas X-F sebagai kelas eksperimen dan X-G sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi.

Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata nilai pretest kelas eksperimen 44,77 dan kelas kontrol 33,33. Sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 80,40 dan kelas kontrol 73,70. Berdasarkan hasil pretest dan posttestyang diperoleh dari kedua kelas tersebut menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kemandirian siswa dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan taraf signifikan 5% diperoleh thitung = 2,83 dan ttabel = 1,67. Hasil ini menunjukkan bahwa > (2,83> 1,67) sehingga Ho ditolak.  Hal itu berarti bahwa model pembelajaran cooperative script berbantuan handoutlebih efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Kata kunci :model pembelajaran cooperative script, kemampuan berpikir kritis siswa.

Full Text: 11-15