Seminar Universitas PGRI Semarang, lpf2013

Font Size: 
Pembuatan Papan Pembelajaran Berbasis Huruf Braille dan Rekaman Pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor
Andy Eko Putro, Sugimin Sugimin, Herwinarso Herwinarso

Last modified: 2013-09-29

Abstract


Pada dasarnya pelajaran fisika mebutuhkan analisa visual untuk mengerti dan mencari solusi, tetapi hal ini tidak berlaku bagi penyandang tunanetra yang mengalami keterbatasan visual. Hal tersebut diperburuk dengan kurangnya media pembelajaran yang ada, terlebih untuk sub pokok suhu dan kalor. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah (1) Membuat papan dan rekaman yang mempermudah para Tunanetra untuk mempelajari pokok bahasan suhu dan kalor (2) memberikan alternatif media pembelajaran bagi peserta didik Tunanetra dalam memahami materi suhu dan kalor. Metode yang digunakan adalah metode perancangan dan pembuatan media. Prosedur penelitian dilakukan adalah penelaahan materi Fisika (suhu dan kalor), analisis data,pembuatan media, ujicoba, dan perbaikan sehingga tercipta papan dan rekaman pembelajaran fisika sub pokok bahasan suhu dan kalor. Alat yang digunakan adalah komputer beserta perangkatnya dan perangkat keras . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media ini dapat membantu pemahaman tentang suhu (83,33%) dan kalor (91,3%), serta sebanyak (100%) dan (91,3%) menyatakan bahwa papan suhu dan kalor mudah digunakan, selain itu hasil lainnya berupa CD materi rekaman dan papan suhu serta kalor.

Full Text: PDF