Last modified: 2019-06-18
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah siswa merasa kesulitan memahami materi pembelajaran dikarenakan penggunaan media pembelajaran yang masih rendah. Media BONARIDA (Boneka Tari Daerah) dapat digunakan untuk mendukung kegiatan pembelajaran dan meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media BONARIDA (Boneka Tari Daerah) untuk digunakan pada siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan penilaian validasi ahli materi dan ahli media pembelajaran, angket respon guru dan angket respon siswa. Hasil penilaian rata- rata validasi ahli materi dan ahli media pembelajaran adalah 92,39% dengan kategori “sangat baik”. Hasil perhitungan angket respon guru adalah 86% dengan kategori “sangat baik”. Hasil perhitungan angket respon siswa adalah 99,75% dengan kategori “sangat baik”. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa menyukai penggunaan media BONARIDA (Boneka Tari Daerah) untuk mempermudah memahami materi dan dapat digunakan oleh guru sebagai media alternatif mengajar. Kesimpulannya bahwa pengembangan media BONARIDA (Boneka Tari Daerah) pada tema “Sehat itu Penting” bagi siswa kelas V sekolah dasar teruji valid dan praktis.
Kata Kunci: Pengembangan, media BONARIDA, sehat itu penting
Abstract: The background of this study is that students find it difficult to understand learning material due to low usage of learning media. BONARIDA Media (Boneka Tari Daerah) can be applied to support learning activities and increase students’ concentration. The purpose of this study is to determine the validity and practicality of BONARIDA (Boneka Tari Daerah) media application in fifth grade elementary school students. The type of research used is Research and Development (R & D) using the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Data collection techniques use material expert and learning media expertsvalidation assessment, teacher response questionnaires and student response questionnaires. Theaverage valuation frommaterial experts and instructional media expertsvalidationare
92.39% with the "very good" category. The results of the teacher response questionnaire calculation were 86% in the "very good" category. The results of the student response questionnaire calculation were 99.75% with the"very good" category. The results showed that students find BONARIDA (Boneka Tari Daerah) media interesting and fun to facilitate in understanding the material and could be used by the teacher as an alternative teaching media. The conclusion is that the development of BONARIDA media (Boneka Tari Daerah) on the theme"Healthy is Important" for fifth grade students of elementary school is valid and practical.
Key Words: Development, BONARIDA, healthy is important