Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL ROLE PLAYING MELALUI MEMBACA MEMINDAI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN MOJODEMAK 1
Arif Budi Laksono

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
penggunaan model role playing terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Manfaat
penelitian ini adalah untuk mengetahui keaktifan model role playing dalam materi
membaca memindai. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk preeksperimental
design dengan desain one grup pre test post test. Populasi kepenelitian
adalah seluruh siswa SDN Mojodemak 1 Wonosalam Demak tahun ajaran
2016/2017. Sampel yang diambil adalah 32 siswa kelas IV menggunakan tehnik non
probability sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, observasi,
dokumentasi, wawancara.
Pada analisis menggunakan model role playing diperoleh thitung = 14,150
sedangkan ttabel = 2,62 untuk responden atau jumlah siswa sebanyak 32 siswa t
hitung= 14,150 karena t hitung>t tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya model
pembelajaran role playing dapat menjadi salah satu referensi dan dapat digunakan
guru dalam mengajar.

Full Text: PDF