Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADISIONAL DAKON TEMATIK PADA TEMA PENGALAMAN DI KELAS III SD
Desy Nur Zilmi

Last modified: 2017-07-21

Abstract


“Pengembangan Media Pemnelajaran Permainan Tradisional Dakon Tematik pada Tema Pengalaman di Kelas III SD”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Filia Prima Artharina,S.Pd., M.Pd dan Dosen Pembimbing II Drs. Djariyo, M.Pd.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran yang masih cenderung  menggunakan metode menjelaskan. Dalam materi pada tema Pengalaman tujuan pembelajaran belum tercapai secara optimal sehingga berpengaruh terhadap keefektifan belajar siswa. Saat pembelajaran belum menggunakan media pembelajaran yang bervariasidan belum tematik. Salah satu upaya yang dapat digunakan yaitu melalui media Dakon Tematik.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana keefektifan produk pengembangan media Dakon Tematikpada siswa kelas III?Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan produk pengembangan media Dakon tematik pada siswa kelas III.

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri pedurungan Kidul 01pada tanggal 5 – 6 September 2016. Subjek penelitian ini adalah Kelas III A dan B SD Negeri Pedurungan Kidul 0l sebagai kelas uji coba produk dengan jumlah siswa 51 orang. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian research and Development (R&D). Metode penelitian dan pengembangan digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut.  Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah MediaDakon Tematik.Media Dakon Tematikdilakukan berdasarkan langkah-langkah pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation).

Pengolahan data diambil dari validasi ahli materi Bahasa Indonesia, dan Matematika, validasi materi guru, ahli media, angket tanggapan siswa dan hasil pretest dan posttestdengan gain-score. Hasil analisis pada validasi ahli Bahasa Indonesia 85,71% sangat layak dan Matematika 91,07% sangat layak, validasi materi guru 96,42% sangat layak, ahli media 95,31%sangat layak, angket tanggapan siswa 95,05%sangat layak, dan hasil rata-ratapretest 57%, posttest 86,5% dan gain-score sedang.Hal ini menunjukkan bahwa Media Dakon Tematikefektif dalam pembelajaran pada Tema Pengalaman.

Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah pengembangan media Dakon Tematikefektif pada tema Pengalaman di SD Kelas III. Saran berdasarkan penelitian adalah media Dakon Tematik dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran di dalam kelas.

Full Text: PDF