Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL BIMBINGAN KONSELING 2016

Font Size: 
Profil Kontrol Diri Remaja Berprestasi Di Yayasan SOS Children's Village Desa Taruna Semarang
Fury Nandan Sari

Last modified: 2017-04-10

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya remaja berprestasi yang dalam hal  kontrol  dirinya  masih  kurang,   ketidakmampuan  remaja  dalam mengontrol  diri  akan  memberikan  dampak  yang  negatif  bagi  individu tersebut.  Permasalahan  yang  diungkap  dalam  penelitian  ini  adalah bagaimanakah profil kontrol diri remaja berprestasi di yayasan SOS  Children’s Village  Desa Taruna Semarang. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan profil kontrol diri remaja berprestasi di yayasan SOS Children’s Village Desa Taruna Semarang. Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  deskriptif  kualitatif.  Subjek  dalam penelitian ini adalah remaja berprestasi di Yayasan SOS Children’s Village Desa Taruna  Semaranng.  Subyek  yang  diambil  sebanyak  10  subjek,  3  remaja berprestasi, 3 Ibu asuh, 3 rekan dekat subjek, dan  satu pembina yayasan. Data dalam  penelitian  ini  diperoleh  melalui  wawancara,  observasi,  dan dokumentasi. Berdasarkan  hasil  analisis  data  penelitian  bahwa  profil  kontrol  diri  remaja berprestasi di SOS  Children’s Village  Semarang ditinjau dari tiga aspek kontrol diri  yaitu  kontrol  perilaku,  kontrol  kognitif,  kontrol  keputusan  remaja berprestasi  memiliki  kecenderungan  lebih  banyak  memunculkan  perilaku yang  mengarah  kepada  aspek  kognitif  serta  satu  aspek  yang  mendukung yaitu  kontrol  informasi.  Perilaku  subjek  yang  dimunculkan  adalah merasionalisasikan  emosi,  menguatkan  diri  secara  positif  dengan mendengarkan musik, mengaji, membaca renungan, bermain futsal. Menahan diri  agar  tidak  menyerang  orang  yang  disukai  dan  memilih  untuk  diam terhadap  hal  yang  tidak  disukai   belajar  dari  masalah  yang  datang  serta mengambil hal positif dijadikan proses pembelajaran agar lebih baik.

Kata Kunci  : Kontrol diri remaja berprestasi


Full Text: 131-148