Last modified: 2017-04-10
Abstract
Kreativitas merupakan salah satu unsur yang dapat menunjang keberhasilan seseorang. Kreativitas sangat dibutuhkan individu dalam era masyarakat ekonomi ASEAN (MEA). Nalarnya, ketika individu mampu berpikir kreatif baik dalam menciptakan produk baru ataupun dalam memecahkan masalah maka ia akan tetap berdiri kokoh di tengah persaingan global yang cukup ketat ini. Namun fakta di lapangan menunjukkan bahwa tingkat kreativitas penyelesaian masalah siswa masih rendah. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya siswa nampak canggung ketika diminta untuk berpendapat oleh guru yang mengajar di kelas, siswa melakukan plagiarisme saat diminta untuk mengumpulkan tugas mengarang oleh guru mata pelajaran, siswa yang tidak mau melakukan inovasi karena menganggap dirinya tidak kreatif serta siswa yang cenderung berpikir searah dan terpusat sehingga secara tidak disadari membatasi diri untuk mengembangkan kreativitasnya terutama saat dihadapkan pada suatu permasalahan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik permainan simulasi terhadap kreativitas penyelesaian masalah siswa kelas X SMA PGRI 01 Kendal? Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik permainan simulasi terhadap kreativitas penyelesaian masalah siswa kelas X SMA PGRI 01 Kendal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk quasi eksperimental design dan rancangan penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA PGRI 01 Kendal tahun pelajaran 2015/ 2016. Sampel yang diambil adalah 34 siswa dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui instrumen penelitian berupa skala psikologis kreativitas penyelesaian masalah yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan uji-t dengan taraf signifikasi 5%. Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok teknik permainan simulasi sebanyak enam kali, menunjukkan adanya peningkatan kreativitas penyelesaian masalah siswa kelas X SMA PGRI 01 Kendal. Nilai hasil 9,91 2,037 dengan taraf signifikansi 5%. Peningkatan rata-rata kreativitas penyelesaian masalah siswa terlihat dari sebelum treatment adalah sebesar 57 dan sesudah treatment sebesar 66,5 berarti ada peningkatan sebanyak 9,5% sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini telah berhasil mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik permainan simulasi terhadap kreativitas penyelesaian masalah siswa kelas X SMA PGRI 01 Kendal. Saran yang dapat peneliti sampaikan kepada pihak sekolah yakni diharapkan pihak sekolah dapat menerapkan layanan bimbingan kelompok teknik permainan simulasi untuk melatih rasa keingintahuan dan ketangguhan siswa dalam memecahkan masalah.
Kata Kunci: bimbingan kelompok teknik permainan simulasi, kreativitas penyelesaian masalah