Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL BIMBINGAN KONSELING 2016

Font Size: 
Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Simulasi Terhadap Kreativitas Penyelesaian Masalah Siswa Kelas X SMA PGRI 1 Kendal
Fitri Nur Aeni

Last modified: 2017-04-10

Abstract


Kreativitas merupakan salah satu unsur yang dapat menunjang keberhasilan seseorang.  Kreativitas  sangat  dibutuhkan  individu  dalam  era  masyarakat  ekonomi ASEAN  (MEA).  Nalarnya,  ketika  individu  mampu  berpikir  kreatif  baik  dalam menciptakan produk baru ataupun dalam memecahkan masalah maka ia akan tetap berdiri  kokoh  di  tengah  persaingan  global  yang  cukup  ketat  ini.  Namun  fakta  di lapangan  menunjukkan  bahwa  tingkat  kreativitas  penyelesaian  masalah  siswa masih  rendah.  Hal  tersebut  dibuktikan  dengan  adanya  siswa  nampak  canggung ketika  diminta  untuk  berpendapat  oleh  guru  yang  mengajar  di  kelas,  siswa melakukan  plagiarisme  saat  diminta  untuk  mengumpulkan  tugas  mengarang  oleh guru mata pelajaran, siswa yang tidak mau melakukan inovasi karena menganggap dirinya  tidak  kreatif  serta  siswa  yang  cenderung  berpikir  searah  dan  terpusat sehingga  secara  tidak  disadari  membatasi  diri  untuk  mengembangkan kreativitasnya terutama saat dihadapkan pada suatu permasalahan. Berdasarkan  latar  belakang  tersebut,  maka  permasalahan  yang  diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik permainan simulasi terhadap kreativitas penyelesaian masalah siswa kelas X SMA  PGRI  01  Kendal?  Sehingga  tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui pengaruh  layanan  bimbingan  kelompok  teknik  permainan  simulasi  terhadap kreativitas penyelesaian masalah siswa kelas X SMA PGRI 01 Kendal. Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  kuantitatif  dalam  bentuk  quasi eksperimental design  dan rancangan penelitian yang digunakan adalah  nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA PGRI 01 Kendal tahun pelajaran 2015/ 2016. Sampel yang diambil adalah 34 siswa dengan menggunakan  teknik  sampling  jenuh.  Data  dalam  penelitian  ini  diperoleh  melalui instrumen penelitian berupa skala psikologis kreativitas penyelesaian masalah yang telah  diuji  validitas  dan  reliabilitasnya.  Data  yang  terkumpul  dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan uji-t dengan taraf signifikasi 5%. Berdasarkan  hasil  analisis  data  penelitian  setelah  mendapatkan  perlakuan berupa  layanan  bimbingan  kelompok  teknik  permainan  simulasi  sebanyak  enam kali,  menunjukkan  adanya  peningkatan  kreativitas  penyelesaian  masalah  siswa kelas  X  SMA  PGRI  01  Kendal.  Nilai  hasil   9,91  2,037  dengan  taraf signifikansi  5%.  Peningkatan  rata-rata kreativitas  penyelesaian  masalah  siswa terlihat dari sebelum  treatment  adalah sebesar 57 dan sesudah treatment  sebesar 66,5 berarti  ada  peningkatan  sebanyak  9,5%  sehingga  dapat  disimpulkan  bahwa  hasil penelitian  ini  telah  berhasil  mengetahui  pengaruh  layanan  bimbingan  kelompok teknik permainan simulasi terhadap kreativitas penyelesaian masalah siswa kelas X SMA PGRI 01 Kendal. Saran yang dapat peneliti sampaikan kepada pihak sekolah yakni  diharapkan  pihak  sekolah  dapat  menerapkan  layanan  bimbingan  kelompok teknik  permainan  simulasi  untuk  melatih  rasa  keingintahuan  dan  ketangguhan siswa dalam memecahkan masalah.

Kata  Kunci:  bimbingan  kelompok  teknik  permainan  simulasi,  kreativitas penyelesaian masalah

 


Full Text: 23-40