Seminar Universitas PGRI Semarang, Seminar Nasional dan Bedah Buku

Font Size: 
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIOLOGI BENTUK CERPEN BERORIENTASI CHARACTER BUILDING BERBASIS KEARIFAN LOKAL
Prasetiyo Prasetiyo, Endah Rita Sulistya Dewi

Last modified: 2014-05-21

Abstract


Salah satu permasalahan yang dihadapi bangsa ini dan sekaligus tugas dari ranah pendidikan adalah terkait dengan penanaman nilai-nilai karakter pada siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan bahan ajar biologi bentuk cerpen character building berbasis kearifan lokal melalui proses pengembangan, 2) memperoleh karakteristik, keunggulan dan keterbatasan bahan ajar bentuk cerpen yang dikembangkan.

Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development yang bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar bentuk cerpen yang mengintegrasikan nilai-nilai karakter berbasis kearifan lokal untuk satuan pendidikan Sekolah Menengah Atas. Subjek dalam penelitianini adalah siswa kelas X SMA. Penelitian ini dilakukan di kota Semarang.

Hasil penelitian tahap awal ini menunjukkan menunjukkan bahwa bahan ajar yang dihasilkan rata-rata skor adalah 4 dengan kreteria baik, dengan revisi di beberapa bagian, berkaitan dengan pengaruh terhadap penanaman karakter, terdapat peningkatan khususnya untuk karakter teliti dan peduli sedangkan karakter pantang menyerah mengalami penurunan.

Kesimpulannya ialah, bahan ajar yang dikembangkan masuk pada kreteria baik dengan rata-rata skor 4, dengan perbaikan pada beberapa komponen. Sedangkan hasil ujicoba terbatas menunjukkan belum semua karakter mengalami peningkatan dengan baik, khususnya karakter pantang menyerah.

 

Kata kunci: bahan ajar cerpen, karakter


Full Text: PDF