Last modified: 2017-07-14
Abstract
Abstrak
Persaingan pemanfaatan teknologi saat ini semakin ketat yang memerlukan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas untuk mampu bersaing di dalamnya. SDM yang berkualitas akan tercipta dengan usaha yang tepat, salah satunya melaluui peningkatan mutu pendidikan dengan melakukan inovasi pembelajaran. Pembelajaran di sekolah diharapkan dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan, sehingga siswa akan mengikuti setiap kegiatan pembelajaran secara aktif dan diharapkan berimbas positif terhadap prestasi belajar khususnya pada mata pelajaran Fisika. Pembelajaran dengan menggunakan model Predict-Observe-Explain (POE) berbasis Buzz-Group memungkinkan siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran sehingga siswa tidak cepat lupa dengan apa yang telah dipelajari dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran berbasis buzz group dapat meningkatkan hasil belajar Fisika pada materi Listrik Dinamis kelas X MA Hidayatus Syubban Semarang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan True Experimental design dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelompok eksperimen sebesar 77,107 dan kelas kontrol sebesar 73,321. Hasil penelitian dianalisis dengan uji normalitas dan uji perbedaan rata-rata menggunakan uji t. Berdasarkan uji t diperoleh t hitung = 2,789 dan t tabel = 1,674. Karena thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang menunjukkan bahwa hasil belajar Fisika dengan penerapan model pembelajaran POE berbasis buzz-group lebih tinggi dibanding dengan metode konvensional pada materi listrik dinamis.
Kata kunci: Model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE), buzz group, hasil belajar Fisika, listrik dinsmis.