Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2016

Font Size: 
ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH DITINJAU DARI “ALTERNATIVE SOLUTION WORKSHEET” SISWA KELAS XI MATERI STATISTIKA
Fatma Fatia Sari, Sunandar Sunandar, FX. Didik Purwosetiyono

Last modified: 2016-10-06

Abstract


Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis kemapuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah ditinjau dari Alternative Solution Worksheet Kelas XI Materi Statistika. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan purposive sampling, Pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.  Adapun proses berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah harus memenuhi : (1) kemampuan memahami masalah, (2) kemampuan merencanakan pemecahan masalah,            (3) kemampuan menyelesaikan masalah, (4) kemampuan menafsirkan solusi yang diperoleh. Gambaran tingkat kemampuan berpikir kritis yaitu siswa dengan jelas dan rinci menjelaskannya karena pengetahuan yang dimiliki, siswa tidak mengalami kesulitan menentukan rumus dan dapat menentukan tahapan, siswa tepat dalam memilih metode menyelesaikan masalah, siswa dapat menentukan solusi alternatif untuk penyelesaian masalah. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi proses berpikir kritis dan tingkat kemampuan berpikir kritis siswa adalah kondisi fisik, motivasi, kecemasan, perkembangan Intelektual.


Abstract

The research is a qualitative research which aims to analiyze the ability to think critically of student in problem solving in terms of “Alternative Solution Worksheet “ the eleventh grade of statistics.To get samples in this research by purposive sampling, data collection using test method, observation, interviews, and documentation. While technique of data analiyze in this research is reduction of data, presentation of data, and verification of data. As for the process of critical thinking on a student in the problem solving must meet : 1) understand  the problem, 2) make a plan, 3) carry out a plan, 4) interpreting the solution. The description of the critical thinking is that students with clear and detailed to explain it because the knowledge that there are, students aren’t having trouble determine the formula and can decisive stage, students is ddirect in choosing the method of problem solving, students can define an alternative solution to solve the problem. The factors that affect the process of critical thinking and the ability of the critical thinking on the students are the physical condition, motivation, anxiety, intellectual development.

Keyword : the ability to think critically, mathematic problem, the ability to solve the problem, alternative solution.


Full Text: PDF