Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2016

Font Size: 
KEYAKINAN MAHASISWA BERKEMAMPUAN MATEMATIKA TINGGI DALAM MEMECAHKAN MASALAH BANGUN DATAR
Muhtarom Muhtarom

Last modified: 2016-10-06

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan profil keyakinan mahasiswa calon guru dalam memecahkan masalah matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pemilihan subjek didasarkan pada kemampuan mahasiswa,  masukan dari dosen dan kelancaran dalam berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan. Teknik pengumpulan data penelitian akan menggunakan metode wawancara berbasis tugas dan teknik think aloud method yaitu mahasiswa diminta untuk mengungkapkan secara jelas segala sesuatu yang dipikirkan dan diminta untuk menuliskannya secara langsung. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa subjek meyakini bahwa masalah matematika yang diberikan memiliki tingkat kesukaran sedang, ini didasarkan pada kecukupan informasi yang ada pada masalah. Subjek meyakini bahwa masalah tersebut dapat diselesaikan dengan dua cara penyelesaian yaitu dengan luas trapesium dan luas segitiga serta konsep yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah adalah akar, garis, segitiga, Pythagoras dan konsep luas bangun segiempat. Tahapan penyelesaian masalah menggunakan konsep luas segitiga dimulai dengan mencari panjang sisi dari persegi, mencari luas segitiga, kemudian mencari luas bangun segiempat. Sedangkan tahapan penyelesaian masalah menggunakan konsep trapesium dengan tahapan mencari panjang sisi trapesium, kemudian menggunakan rumus luas trapesium untuk menentukan luas bangun segiempat. Subjek meyakini kebenaran jawaban yang akan diperoleh dari dua cara penyelesaian dan tahapan langkah yang digunakan untuk menyelesaikan masalah karena konsep, cara dan prosedur yang digunakan benar pasti akan memberikan jawaban yang benar.

Kata Kunci: Profil, Keyakinan, Pemecahan Masalah.

 

Abstract

This research aimed to reveal the beliefs profile of students (prospective teachers) in solving mathematical problems. This type of research was qualitative research. Subject selection was based on the ability of students, feedback from lecturers and fluency in communicating both verbally and in writing. Data collection techniques used interview-based research and techniques of assignment think aloud method, students were asked to express clearly everything was thought out and asked to write directly. Based on the results of this study concluded that the subject believes that the given mathematical problem had moderate difficulty level, it was based on the adequacy of existing information on the problem. Subject believe that the problem can be solved in two different ways, the completion of the extensive area of the triangle and trapezoid and concepts needed to solve the problem was the root, lines, triangles, Pythagoras and area concepts of quadrilateral. Phases of problem solving using area concept of the triangle begins with finding the long side of the rectangle, find the area of triangle, then find the area of quadrilateral. While the completion phase of the problem using the concept of a trapezoid with the phase of finding long trapezoid side, then use the formula of trapezoid area to determine the area of quadrilateral. Subject believed in the truth answers that would be obtained from the two phases of way of solving and the steps used to resolve problems, concepts, methods and procedures used properly would surely give the correct answer.

 

Keywords: Profile, Beliefs, Problem Solving.


Full Text: PDF