Last modified: 2017-05-31
Abstract
Setiap jenjang pendidikan tidak terlepas dari mata pelajaran IPS mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Pelajaran bidang studi IPS sering kali dianggap sebagai suatu bidang studi yang kurang populer di kalangan siswa. Banyak faktor yang menyebabkan anggapan demikian, faktor utama diduga karena cara penyampaian materi IPS kepada siswa yang dirasa kurang menyentuh kepada kebutuhan siswa. Salah satu alternatif model pembelajaran yang diharapkan dapat menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan, tanpa beban, dan aktif melibatkan siswa adalah “Joyful Learning” atau pembelajaran menyenangkan.
Tulisan ini bermaksud mengulas eksistensi Joyful Learning di era kontemporer. Model pembelajaran “Joyful learning” dapat disimulasikan dengan berbagai macam cara sesuai dengan kreatifitas pengajar, salah satunya dengan simulasi lagu dan gerak. Untuk itu pembelajaran melalui lagu dan gerak dalam pembelajaran IPS yang akan diulas yaitu pembelajaran yang dilakukan sambil bermain akan membantu anak untuk lebih mengembangkan kecerdasannya tidak hanya pada aspek pengembangan seni, bahasa dan fisiknya saja tetapi juga pada pengembangan emosional dan kognitif anak.
Kata kunci : Joyful learning, Lagu dan Gerak, Pembelajaran IPS