Seminar Universitas PGRI Semarang, Seminar Nasional KeIndonesiaan II Tahun 2017

Font Size: 
JOYFUL LEARNING DENGAN SIMULASI LAGU DAN GERAK DALAM PEMBELAJARAN IPS DI ERA KONTEMPORER
Ferani Mulianingsih

Last modified: 2017-05-31

Abstract


Setiap jenjang pendidikan tidak terlepas dari mata pelajaran IPS mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Pelajaran bidang studi IPS sering kali dianggap sebagai suatu bidang studi yang kurang populer di kalangan siswa. Banyak faktor yang menyebabkan anggapan demikian, faktor utama diduga karena cara penyampaian materi IPS kepada siswa yang dirasa kurang menyentuh kepada kebutuhan siswa. Salah  satu  alternatif  model pembelajaran yang diharapkan dapat menciptakan  kondisi  belajar  yang menyenangkan, tanpa beban, dan aktif melibatkan siswa adalah “Joyful Learning” atau  pembelajaran  menyenangkan.

Tulisan ini bermaksud mengulas eksistensi Joyful Learning di era kontemporer. Model pembelajaran “Joyful learning” dapat disimulasikan dengan berbagai macam cara sesuai dengan kreatifitas pengajar, salah satunya dengan simulasi lagu dan gerak. Untuk itu pembelajaran melalui lagu dan gerak dalam pembelajaran IPS yang akan diulas yaitu pembelajaran yang dilakukan sambil bermain akan membantu anak untuk lebih mengembangkan kecerdasannya tidak hanya pada aspek pengembangan seni, bahasa dan fisiknya saja tetapi juga pada pengembangan emosional dan kognitif anak.

Kata kunci : Joyful learning, Lagu dan Gerak, Pembelajaran IPS


Full Text: PDF