Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2012

Font Size: 
PENGAJARAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS PADA ANAK PAUD NON-FORMAL DI KELURAHAN ROWOSARI, KECAMATAN TEMBALANG, SEMARANG MELALUI METODE GLENN DOMAN: SEBUAH PENELITIAN R&D
Ngasbun Egar, A.B. Prabowo, Siti Musarokah, Fitri Yulianti

Last modified: 2013-10-11

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui permasalahan yang muncul dalam KBM membaca di PAUD, (2) mengetahui penerapan media LDR (Lihat, Dengar, Rasakan) dalam mengajarkan kosa kata Bahasa Inggris (English Vocabulary) pada anak, dan (3) mendapatkan hasil yang akurat tentang penerapan media LDR dalam pengajaran membaca bagi anak PAUD.
Penelitian ini adalah penelitian R&D (Research and Development) yang terdiri dari 3 langkah, yaitu: (1) Analisis Kebutuhan (Eksploration), (2) Pengembangan Produk (Developing of Products), dan (3) Pengujian (Testing). Subjek penelitian ini adalah siswa PAUD non-formal Nusa Indah (kelompok eksperimen) dan siswa PAUD Anggrek Putih (kelompok kontrol) di Kelurahan Rowosari, Kecamatan Tembalang, Semarang. Instrumen yang digunakan adalah tes dan lembar observasi.
Dari analisis data ditemukan adanya perubahan secara signifikan terhadap pencapaian hasil belajar membaca kosakata bahasa Inggris pada anak di setiap tahapnya. Oleh karena itu, media LDR (modifikasi metode Glenn Doman) efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini.
Kata Kunci: metode Glenn Doman, media LDR, pengajaran bahasa Inggris, siswa Play
Group

Full Text: PDF