Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGARUH PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN MEDIA PAPAN ALAT INDRA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD
Ika Apriliya Karuni Hafidhah, Nur Khoiri, Wawan Priyanto

Last modified: 2018-07-23

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model STAD menggunakan papan alat indra materi alat indra , fungsi dan perawatannya terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 01 Menganti  Jepara. Desain penelitian ini menggunakan True Eksperimental Designs bentuk PretestPosttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 01 Menganti Jepara. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IVA dan IVB yang masing-masing berjumlah berjumlah 22 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis Probability Random Sampling dengan teknik Simple Random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji-t. hasil analisis statistik dengan uji t diperoleh -ttabel < thitung < ttabel yaitu -2,017 < 0,790 <2,017 maka Ha diterima sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran STAD dengan media papan alat indra terdahap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD.

Kata Kunci : model STAD, media papan alat indra, hasil belajar IPA.

This study aims to determine the effect of STAD model using the tool board sensory material sensory equipment, function and treatment of science learning outcomes fourth grade students SD Negeri 01 Menganti Jepara. This research design uses True Experimental Designs form Pretest-Posttest Control Group Design. The population in this study is all students of class IV SD Negeri 01 Menganti Jepara. The sample used in this research is the students of class IVA and IVB, each of which amounted to 22 students. The sampling technique used in this research is the type of Probability Random Sampling with Simple Random Sampling technique. Data analysis techniques used are normality test, homogeneity test, and hypothesis test using t-test. the result of statistical analysis with t test is obtained -ttable <t count <ttabel that is 2,017 <0,790 <2.017 then Ha accepted so that there is influence of STAD learning model with media of senses board of gradual result of science learning of fourth grader of elementary school.

Keywords: STAD model, sensory tool board media, science learning outcomes.


Full Text: 187-196