Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN BANGETAYU KULON SEMARANG
Mudzanatun Mudzanatun, Aries Tika Damayani, Sri Endro Purnomo

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM yang ditetapkan oleh sekolah. Guru dalam menyampaikan materi kurang bervariasi dan tidak menggunakan alat peraga atau menggunakan model pembelajaran serta siswa masih menganggap bahwa materi kesebangunan dan simetri pada bangun datar sebagai materi yang sulit pada mata pelajaran matematika kelas V semester 2. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh model pembelajaran learning cycle terhadap hasil belajar matematika kelas V SDN Bangetayu Kulon Semarang. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle terhadap hasil belajar matematika materi kesebangunan kelas V SDN Bangetayu Kulon Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain True Experimental Design yang berbentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Bangetayu Kulon Semarang yang terdiri dari 44 siswa. Sampel yang diambil adalah 22 siswa V A dengan menggunakan teknik Probability Sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikan = 0,05 dengan thitung = 5,397 dan ttabel = 2,080. Karena thitung > ttabel yaitu 5,397 > 2,080 sehingga Ha diterima. Jadi dapat dikatakan bahwa ada pengaruh model pembelajaran learning cycle terhadap hasil belajar matematika kelas V SDN Bangetayu Kulon Semarang. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran learning cycle berpengaruh terhadap hasil belajar matematika kelas V SDN Bangetayu Kulon Semarang. Model pembelajaran learning Cycle dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam pembelajaran matematika.

Kata kunci: Model Pembelajaran Learning Cycle, Hasil Belajar Matematika

 

Abstract

This study is motivated by the low learning outcomes of students who have not reached the KKM established by the school. Teachers in delivering the material is less varied and does not use props or using the model of learning and students still consider that the material kesjangunan kesetaman and symmetry in the wake flat as a difficult material in the subject of mathematics class V semester 2. The problem studied in this study is whether the influence of the model learning cycle learning to the results of learning mathematics class V SDN Bangetayu Kulon Semarang. The aim of this research is to know the effect of learning cycle model to the result of learning mathematics of class V SDN Bangetayu Kulon Semarang. The type of this research is experimental research using quantitative approach with True Experimental Design design in the form of One Group Pretest-Posttest Design. The population in this study is all students of class V SDN Bangetayu Kulon Semarang consisting of 44 students. The sample taken is 22 students V A by using Probability Sampling technique. Research data obtained through test and documentation. Based on result of hypothesis analysis using t test with significant level = 0,05 with tcount = 5,397 and ttable = 2,080. Because thitung> ttable is 5.397> 2.080 so Ha is accepted. So it can be said that there is the influence of learning cycle learning model on the results of learning mathematics class V SDN Bangetayu Kulon Semarang. Then it can be concluded that the learning cycle learning model has an effect on the learning outcomes of class V SDN Bangetayu Kulon Semarang. Learning Cycle learning model can be used as an alternative teacher in learning mathematics.

Keywords: Learning model of Learning cycle, Math learning outcome


Full Text: PDF