Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO SLIDE SHOW TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK MATERI ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SD NEGERI 1 SENDANGHARJO KECAMATAN KARANGRAYUNG KABUPATEN GROBOGAN
Nilam Ayu Utami

Last modified: 2018-03-12

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis keefektifan media video slide show terhadap kemampuan menyimak materi ilmu pengetahuan alam kelas V SD Negeri 1 Sendangharjo. Media video slide show Tujuan yang dalam penelitian ini adalah untuk mengetahuikeefektifan Media Video Slide Show terhadap kemampuan menyimak Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V SD Negeri 1 Sendangharjo Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk The One-Shot Case Study. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VSD Negeri1 Sendangharjo Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan. Sampel yang diambil adalah 46 siswa kelas Vdengan menggunakan teknik Probability Sampling.Data pada penelitian ini diperoleh dari hasil tes, observasidandokumentasi.Hasil penelitian diperoleh nilairata-rata sebesar 79,04. Ketuntasanhasilbelajarsiswasebesar 96,65 dam 3,35% tidaktuntas. Berdasarkan hasil analisis dari hasil belajar dengan menggunakan uji t satusampeldidapatkan thitung> ttabelyaitu 31,2>2,014. Karenadiperoleh nilai thitung > ttabel, sehingga hipotesisditerimasehinggadapatdisimpulkanbahwa media Video Slide Showefektif terhadap kemampuan menyimak Ilmu Pengetahuan Alam kelas V SD Negeri 1 Sendangharjo Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan.

Kata kunci: media video, kemampuanmenyimak, IPA

 

ABSTRACT

This study aims to determine and analyze the effectiveness of slide show video media on the ability to listen to natural science materials class V SD Negeri 1 Sendangharjo. Media video slide show The purpose of this study is to determine the effectiveness of Media Video Slide Show on the ability to listen to Natural Science Class V SD Negeri 1 Sendangharjo District KarangrayungGrobogan District. This type of research is a quantitative research in the form of The One-Shot Case Study. The population of this research is all students of class V SD Negeri 1 SendangharjoSubdistrictKarangrayungGrobogan District. The sample taken is 46 students of class V by using Probability Sampling technique. The data in this study were obtained from test results, observation and documentation. The results obtained an average value of 79.04. Completeness of student learning outcomes of 96.65 dam 3.35% not complete. Based on the results of the analysis of the results of study by using t test one sample obtained t count>ttable is 31.2> 2.014. Because the obtained value t count>ttable, so the hypothesis is accepted so it can be concluded that the Video Slide Show media effective on the ability to listen to Natural Science class V SD Negeri 1 Sendangharjo District KarangrayungGrobogan District.

Keywords: video media, listening skill, natural science


Full Text: PDF