Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENERAPAN MEDIA MONOPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SD
Ike Kurnia Wijayaningtyas, Ferina Agustini, Joko Siswanto

Last modified: 2018-03-12

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media monopoli terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SDN Tempuran 01 Kabupaten Semarang tahun 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 pertemuan, dimana setiap pertemuan selama 70 menit. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi,wawancara, tes, dan dokumentasi. Dengan desain Pre Experimental Design yang berbentuk One Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas V SDN Tempuran 01 Semarang yang akan diberikan pretest dan mendapatkan perlakuan kemudian mendapatkan posttest.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media monopoli berpengaruh terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa Kelas V SDN Tempuran 01 Kabupaten Semarang 2016/2017.

Kata Kunci: Media Monopoli, Hasil Belajar, Matematika.

 

ABSTRACT

This research aim to know the influence of monopolies media in learning result student of mathematics fifth grade in SDN Tempuran 01 Semarang regency in 2016/2017. The form of this research is quantitative research. This research clsifed in quantitative research. This research held in 3 meeting, which is the time of every meeting is 70 minutes. The collective data in this reseaach are observation, interview, test, and documentation. With a Pre Experimental Design in the form One Group Pretest-Posttest Design. Samples used in this study were students of fifth grade in SDN Tempuran 01 Semarang which will be given pretest and get treatment then get posttest. The results showed that that using monopolies media  effect in learning result student of mathematics  fifth grade in SDN Tempuran 01 Semarang regency in 2016/2017.

Key word: media Monopolies,, Learning result, Mathematics.


Full Text: PDF