Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTU MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPS SD NEGERI KUTOSARI 02 BATANG
Rudi Hidayat, Choirul Huda, Qoriati Mushafanah

Last modified: 2018-03-12

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS. Hal tersebut dikarenakan kurangnya inovasi model dan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Model Pembelajaran Think Talk Write berbantu media Puzzle dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS SD Negeri Kutosari 02 Batang? Dengan tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Think Talk Write berbantu media Puzzle terhadap Hail Belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS SD Negeri Kutosari 02 Batang. Desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Kutosari 02 Batang dengan sampel penelitian yaitu kelas VA dan VB. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunkan yaitu uji prasyarat data dan uji hipotesis. Berdasarkan uji-t diperoleh thitung sebesar 2,76285 sedangkan ttabel dengan dk=n1+n2-2 = 22+23–2 = 43, dan taraf signifikan 0,05 maka diperoleh ttabel sebesar 1,68. Karena thitung > ttabel yaitu 2,76285 > 1,68 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Talk Wrtite berbantu media puzzle lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS SD Negeri Kutosari 02 Batang dibanding dengan menggunakan model konvensional. Saran yang dapat penulis sampaikan pada penelitian ini adalah agar model pembelajaran Think talk Write dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran

Kata Kunci : Think Talk Write, Media Puzzle, Hasil Belajar

 

ABSTRACT

Research is Do Think Talk Learning Model help Puzzle media can help improve the learning outcomes of the fifth grade students of Social Science lesson of Kutosari 02 Batang State Elementary School? With the aim to be achieved in this study to determine the effectiveness of learning models Think Talk Write help Puzzle media to Hail Learning fifth graders of Social Sciences of State Elementary School Kutosari 02 Batang. Design research Pretest-Posttest Control Group Design. The population of this research is all the fifth grade students of Kutosari 02 Batang State Elementary School with the research sample that is class five A and five B. The data in this research is obtained through test, observation, documentation, and interview. Data analysis techniques used are prerequisite test data and hypothesis test. Based on t-test obtained tcount of 2.76285 while ttable with dk = n1 + n2-2 = 22 + 23-2 = 43, and significant level of 0.05 then obtained ttable of 1.68. Because thitung> ttabel is 2.76285> 1.68 then H0 is rejected and Ha accepted. Then it can be concluded that the learning model Think Talk Wrtite help puzzle media more effective in improving the results of the five fifth grade students of Social Science Studies of State Elementary School Kutosari 02 Batang compared with using conventional model. Suggestions that writers can convey in this study is that the learning model Think Write Write can be used as an alternative model of learning in learning activities

Keywords: Think Talk Write, Puzzle Media, Learning Outcomes.


Full Text: PDF