Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH MEDIA KAPEDAPE(KANTONG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN)TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS II PADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DI SD NEGERI 01 NGRANDAH KABUPATEN GROBOGAN
Desy Ayu Al Makmun, Joko Siswanto, Rofian Rofian

Last modified: 2018-03-12

Abstract


ABSTRAK

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan terutama pada mata pelajaran Matematika yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah dan belum memenuhi ketuntasan yang maksimal. Kurangnya penggunaan media yang menarik dalam proses pembelajaran menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Pembelajaran dengan menggunakan media KAPEDAPE (Kantong perkalian dan pembagian) dapat membantu pemahaman siswa terhadap  materi  yang  diajarkan. Dalam proses pembelajaran siswa sangat aktif dalam menggunakan media tersebut.         Permasalahan dalam penelitian ini adalah  “Bagaimanakah pengaruh media KAPEDAPE (Kantong perkalian dan pembagian) pada sub bab perkalian dan pembagian terhadap hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 01 Ngrandah?”. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre Experimental Design dengan jenis one grup pretest-postest design. Teknik analisis data menggunakan analisis awal (pretest) dan akhir (posttest) yang menggunakan uji normalitas dan uji bedat-test. Berdasarkan hasil analisis data yang diujikan diperoleh thitung= 5,972. Kemudian dibandingkan dengan harga ttabel pada db = 29 dan taraf α = 0,05 adalah 2,045. Pada hasil perhitungan diperoleh thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya ada perbedaan rata-rata hasil belajar Pretest yang tidak menggunakan media pembelajaran kapedape nilai masih dibawah kkm dan hasil belajar yang diberi perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran kapedape hasil Posttest meningkat.  .Dari hasil perhitungan diketahui bahwa rata-rata hasil belajar Posttest = 77,3lebih besar dari pada rata-rata hasil belajar Pretest= 52,56 maka disimpulkan bahwa media Kapedape(Kantong perkalian dan pembagian) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelasII SDN 01 Ngrandah Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah media Kapedape (Kantong perkalian dan pembagian) dapat dicoba dan diterapkan dalam pembelajaran Matematika. Kata Kunci : Media KAPEDAPE

 

ABSTRACT

The background that encourages this research is the lack of students' understanding of the material taught especially on the subjects of Mathematics that cause student learning outcomes are low and have not fulfilled the maximum mastery. Lack of interesting media use in the learning process leads to low student learning outcomes. Learning by using KAPEDAPE media (Multiplication pouch and distribution) can help students understand the material taught. In the learning process students are very active in using the media.      The problem in this research is "How is the influence of KAPEDAPE media (Multiplication Pouch and distribution) in sub-chapter of multiplication and division of student learning result of second grade of SD Negeri 01 Ngrandah?". This type of research is quantitative. The research design used is Pre Experimental Design with type one group pretest-postest design. The data analysis technique used pretest and posttest analysis using normality test and bedat test. Based on the results of the analysis of tested data obtained thitung = 5.972. Then compared with the ttable price at db = 29 and the level of α = 0.05 is 2.045. In the calculation results obtained tcount> ttable, so H0 rejected and H1 accepted. That is, there is a difference in the average results of Pretest learning with Posttest learning results. From the calculation results note that average learning outcomes Posttest = 77.3 greater than average Pretest learning results = 52.56 it is concluded that the Kapedape media (multiplication pouch and distribution) affect the mathematics learning outcomes of students class II SDN 01 Ngrandah Suggestions that researchers can convey are Kapedape media (Multiplication pouch and distribution) can be tried and applied in learning Mathematics.


Full Text: PDF