Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS III SD NEGERI SAWAH BESAR 01 SEMARANG
Nur Laela Dewi, Endah Rita S Dewi, Veryliana Purnamasari Purnamasari

Last modified: 2018-03-12

Abstract


ABSTRAK

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan motivasi belajar siswa. Hal tersebut disebabkan kurangnya pembelajaran yang efektif dalam mengoptimalkan kemampuan dan motivasi siswa. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scramble pada materi energi kelas III SD Negeri Sawah Besar 01 Semarang dilihat pada motivasi dan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Quasi Ekperimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SD Negeri Sawah Besar 01 Semarang tahun pelajaran 2016/2017. Sampel yang diambil adalah 60 siswa kelas IIIA dan IIIB dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling berbentuk sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, dokumentasi, observasi dan angket. Hasil analisis angket motivasi siswa menunjukkan bahwa persentase kelompok eksperimen (91,06%) lebih besar dari kelompok kontrol (82%), serta berdasarkan hasil uji t diketahui π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” lebih besar dari π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ (7,450 > 2,002). Kesimpulannya bahwa model pembelajaran Scramble berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Nilai kelompok eksperimen diketahui rata-rata 88,66 lebih besar dari kelompok kontrol 79,16, serta berdasarkan hasil uji t diketahui π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” lebih besar dari π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ (5,118 > 2,002). Kesimpulannya bahwa model pembelajaran Scramble berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya model pembelajaran Scramble dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.

Kata Kunci : Pengaruh, Model Pembelajaran Scramble, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.

Β 

ABSTRACT

The backgronds that encourage this research are the low learning of result in Natural Sciences and Student learning of motivation. It is caused by lack of effective learning in optimizing ability and motivation of student. The objectives to be achieved in this research is to know the effect of scramble of learning model on energy in the third grade SD Negeri Sawah Besar 01 Semarang in motivation and result of learning. The type of research is quantitative research in the form of Quasi Experimental Design with Nonequivalent Control Group Design. Population of research is all student SD Negeri Sawah Besar 01 Semarang in academic year 2016/2017. Sample taken is 60 student in grade IIIA and IIIB by using technique of Nonprobability Sampling in the form of saturated sampling. The data of research were influenced through test, documentation, observation, and questionnaire. The result of analysis questionnaire of the student motivation show that percentage of the experimental group (91,06%) is greater that the control group (82%), and based on the result of t test is known t count is greater that t table (7,450 > 2,002). Conclusion that the learning model of scramble has an effect on students learning motivation. The experimental group value is known to beΒ  an average of 88,66 is greater that the control group 79,16, and based on the result of t test is known t count is greater that t table (5,118 > 2,002). The conclusion that the learning model of scramble has an effect the student’s learning of result. Based on the results of this study suggestions that can be used as an alternative teacher in teaching.

Keyword : Influence, Scramble learning model, Motivation of learn, Result of learn.


Full Text: PDF