Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE(TTW) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS III SD NEGERI PAMEDARAN 01
Elindia Setiani

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa SD Negeri Pamedaran 01. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas III SD Negeri Pamedaran 01. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas III SD Negeri Pamedaran 01. Desain penelitian yaituQuasy Eksperimentaldengan bentukNonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri Pamedaran 01 dengan sampel sebanyak 25 siswa dan siswa kelas III SD Negeri Pamedaran 02 dengan sampel sebanyak 24 siswa dengan menggunakan teknik nonprobability sampling berbentuk sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil uji regresi linier sederhana diketahui bahwa kriteria pengujian yaitu jika Fhitung >Ftabel maka H1 diterima. Kemudian, Bandingkan harga Fhitung (F reg) = 14695,8 dengan Ftabel = 4,28. Jadi, Fhitung 14695,8 >Ftabel 4,28. Maka, H1 diterima artinya, persamaan regresi signifikan. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X (model pembelajaran Think Talk Write (TTW)) terhadap variabel Y (kemampuan komunikasi  matematis) sebesar 0, 876 = 87,6%.

Kata kunci: Think Talk WriteQuasy Eksperimental, Nonequivalent Control Group Design, komunikasi matematis.

 

Abstract

The background of this research is the low of mathematical communication ability of SD Negeri Pamedaran 01 students. The purpose of this research is to know the influence of Think Talk Write (TTW) learning model to the mathematical communication ability of third grade students of SD Negeri Pamedaran 01. This research type is experimental research to know the influence of Think Talk Write (TTW) learning model to the mathematical communication ability of third grade students of SD Negeri Pamedaran 01. The research design is Quasy Experimental with Nonequivalent Control Group Design form. The population of this research is all students of class III SD Negeri Pamedaran 01 with sample of 25 students and third grade students of SD Negeri Pamedaran 02 with sample of 24 students by using nonprobability sampling technique in the form of saturated sampling. The data in this research is obtained through test, observation, documentation and interview. The result of simple linear regression test is known that the testing criterion is if F_count> F_tabel then H1 is accepted. Then, Compare the price F_hitung (F reg) = 14695,8 with F_tabel = 4,28. So, F_count 14695,8> F_table 4.28. Thus, H1 is accepted, the regression equation is significant. So there is a significant influence between the variable X (Think Talk Write (TTW) model of the variable Y (mathematical communication ability) of 0, 876 = 87.6%.

Keywords: Think Talk Write Quasy Experimental, Nonequivalent Control Group Design, mathematical communication.


Full Text: PDF