Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MEDIA FOLDING PAPER TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN SEDERHANA KELAS III SDN PANDEAN LAMPER 03 SEMARANG
Diyah Kartiko Wati

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM yang ditetapkan oleh sekolah. Guru dalam menyampaikan materi kurang bervariasi dan tidak menggunakan alat peraga atau media serta siswa masih menganggap bahwa materi pecahan sederhana masih dianggap sebagai materi yang sulit pada mata pelajaran matematika kelas III semester 2. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah media Folding paper efektif terhadap hasil belajar matematika materi pecahan sederhana siswa kelas III SDN Pandean Lamper 03 Semarang. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui keefektifan media Folding paper terhadap hasil belajar matematika materi peahen sederhana kelas III SDN Pandean Lamper 03 Semarang.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain True Experimental Design yang berbentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Pandean Lamper 03 Semarang yang terdiri dari 66 siswa. Sampel yang diambil adalah 33 siswa IIIB dengan menggunakan teknik Probability Sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes, angket, wawancara dan dokumentasi.Berdasarkan hasil analisis hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikan š›¼ = 0,05 dengan thitung = 5,461 dan ttabel = 1,998. Karena thitung > ttabel yaitu 5,461 > 1,998 sehingga Ha diterima. Media Folding paper dikatakan efektif apabila presentase belajar klasikal memperoleh presentase ā‰„ 75%. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 84,84% sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata 45,45%. Maka dapat disimpulkan bahwa media Folding paper efektif terhadap hasil belajar matematika materi pecahan sederhana pada siswa kelas III SDN Pandean Lamper 03 Semarang.Media Folding paper dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam pembelajaran matematika.

Kata kunci: Media Folding paper, Hasil Belajar Matematika

Ā 

AbstractĀ Ā This study is motivated by the low learning outcomes of students who have not reached the KKM established by the school. Teachers in delivering the material is less varied and does not use props or media and students still consider that simple fractional material is still regarded as difficult material in theĀ mathematics class III semester 2. The problem studied in this study is whether the media Folding paper effective against the results Learning mathematics simple fractional material grade III students SDN Pandean Lamper 03 Semarang. The purpose of this research is to know the effectiveness of Folding paper media on the result of learning mathematics material of simple peahen class III SDN Pandean Lamper 03 Semarang. This type of research is experimental research using quantitative approach with True Experimental Design design in the form of One Group Pretest-Posttest Design . The population in this study is all students of class III SDN Pandean Lamper 03 Semarang consisting of 66 students. Samples taken are 33 students IIIB by using Probability Sampling technique. Research data obtained through tests, questionnaires, interviews and documentation. Based on the results of hypothesis analysis using t test with significant level Ī± = 0.05 with tcount = 5.461 and ttable = 1.998. Because thitung> ttable is 5,461> 1,998 so Ha is accepted. Media Folding paper is said to be effective if the percentage of classical learning gets a percentage of ā‰„ 75%. Based on result of data analysis which have been done, mean of posttest grade experiment class equal to 84,84% while control class get average 45,45%. Then it can be concluded that the media Folding paper effective against the results of learning mathematics of simple fractional materials in third grade students SDN Pandean Lamper 03 Semarang.Media Folding paper can be used as an alternative teacher in learning mathematics.

Keywords: Media Folding paper, Learning Outcomes Mathematics


Full Text: PDF