Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS III SDN PANDEAN LAMPER 04 SEMARANG
Yuni Pujiwati

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini berangkat dari latar belakang, rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Pkn. Hal ini diakibatkan karena guru dalam menyampaikan materi kurang bervariasi dan tidak menggunakan model pembelajaran. Kurang sesuai strategi pembelajaran yang digunakan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Apakah model pembelajaran make a match berpengaruh terhadap hasil belajar Pkn? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar Pkn kelas III SDN Pandean Lamper 04 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 1 Pandean Lamper 04 Semarang yang berjumlah 29 siswa. Sampel yang diambil adalah seluruh siswa yaitu 27 siswa dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling berbentuk Sampling Jenuh. Berdasarkan analisis data menggunakan uji t, diperoleh thitung = 8,511 dan ttabel = 2,048 jadi thitung > ttabel maka Ha diterima berarti dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran make a matchterhadap hasil belajar PKn materi memiliki harga diri kelas III SDN Pandean Lamper 04 Semarang. Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya penelitian ini dapat diterapkan oleh guru di sekolah sebagai proses belajar yang mampu memperbaiki hasil belajar siswa, supaya tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Make A Match, Hasil Belajar

 

 


Full Text: PDF