Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEER TUTORING BERBANTU MEDIA TABUNGAN PROFESI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS III SDN SENDANGMULYO 02 SEMARANG
Viki Nur Khafidhoh

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Peer Tutoring berbantu media tabungan profesi terhadap hasil belajar IPS kelas III. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sendangmulyo 02 Semarang pada kelas III yang berjumlah 30 siswa dengan teknik Cluster Random Sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah one grup pretest-posttest design. Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan menunjukkan bahwa hasil belajar IPS menggunakan model Peer Tutoring dapat meningkat. Hasil belajar IPS yang awalnya memiliki rata-rata 62,667  menjadi 80,533. Persentase klasikal awalnya 43,333333% menjadi 86,666667% maka ketuntasan belajar meningkat sebesar 43,3333337%. Hasil analisis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung = 12,479> ttabel = 1,699 Maka model Peer Tutoring  berbantu media tabungan profesi efektif terhadap hasil belajar IPS kelas III SDN Sendangmulyo 02 Semarang.

Kata kunci : Peer Tutoring, media, hasil belajar.

 

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of model Tutor Tutoring assisted savings media profession on the results of learning IPS class III. This research was conducted at SDN Sendangmulyo 02 Semarang in class III which amounted to 30 students with Cluster Random Sampling technique. The research design used is one group pretest-posttest design. Based on the result of research data analysis after getting treatment showed that the result of IPS learning using Peer Tutoring model can increase. IPS learning outcomes that initially had an average of 62.667 to 80.533. Percentage klasikal initially 43.333333% to 86.666667% then the learning mastery increased by 43.3333337%. The result of analysis by using t test obtained tcount = 12,479> ttabel = 1,699 So model Tuter Tutoring help the media effective saving profession on the learning results IPS class III SDN Sendangmulyo 02 Semarang.

Keywords: Peer Tutoring, media, learning outcomes.


Full Text: PDF