Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS III SDN 02 SIWALAN KABUPATEN PEKALONGAN
Riza Beni Hermawan, Sukamto Sukamto, Mei Fita Asri Untari

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Think Pair Share  dalam pembelajaran IPA siswa kelas III SDN 02 Siwalan Kabupaten Pekalongan. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data terdiri dari uji normalitas,uji homogenitas dan uji t pihak kanan. Uji t memperoleh hasil 2,475 lebih besar dari t tabel yaitu 2,042.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Think Pair Share dalam pembelajaran IPA siswa kelas III SDN 02 Siwalan Kabupaten Pekalongan.

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Think Pair Share, Pembelajaran IPA.

 

Abstract

This research aims to find out how much influence the model of learning Think Pair Share in science learning grade 3 elementary school SDN 02 Siwalan Pekalongan Regency. The form of this research is quantitative research. This research was conducted in the even semester of the academic year 2016/2017. Data collection techniques in this study using observation, tests, interviews and documentation. Data analysis techniques consist of normality test, homogeneity test and right side t test. T test yields 2,475 greater than t table ie 2.042. The results showed that the use of Think Pair Share learning model in science learning of third grade students of SDN 02 Siwalan Pekalongan Regency.

Keywords: Learning Model, Think Pair Share, Science


Full Text: PDF