Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SDN BANGSRI 01 KABUPATEN BREBES
Dyah Meliani, Rahmat Rais, Suyitno Suyitno

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar  matematika pada siswa kelas III SDN Bangsri 01 Kabupaten Brebes. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model NHT berhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True Experimental Design dengan bentuk desain  Posstest-Only Control Design. Penelitian ini dilaksanakan d SD Negeri Bangsri 01 pada Semester genap tahun 2016/2017. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IIIA yang berjumlah 30 siswa dan kelas IIIB yang berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model NHT, diperoleh data nilai hasil belajar siswa untuk posstest rata-rata kelas kontrol 63,83 dan nilai hasil belajar untuk posstest rata-rata kelas eksperimen 82,50 dengan dk pembilang (n1 + n2 – 2) = (30 + 30 – 2) = 58, α=5%, maka harga ttabel = 2,002 (dua pihak) dan diperoleh thitung = 5,215. Karena thitung (5,215) > ttabel (2,002) hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar matematika siswa.

Kata Kunci: Model numbered heads together, matematika, hasil belajar.

 

Abstract

The problems revealed in this research is whether there is influence of the use of NHT learning model on mathematics learning outcomes in third grade students of SDN Bangsri 01 Kabupaten Brebes. The objective to be achieved in this research is to know the influence of NHT model to student learning outcomes. This type of research is quantitative research in the form of True Experimental Design with Posstest-Only Control Design design form. This research was conducted in SD Negeri Bangsri 01 in the even semester of 2016/2017. The sample of this research is the students of class IIIA which amounted to 30 students and class IIIB which amounted to 30 students. Based on the result of research data analysis after getting treatment by using NHT model, obtained data of student learning result for posstest average control class 63,83 and learning result value for posstest average experimental class 82,50 with dk of numerator (n1 + n2 - 2) = (30 + 30 - 2) = 58, α = 5%, then the price ttable = 2,002 (two parties) and obtained t count = 5,215. Because tcount (5,215)> ttable (2,002) this indicates that the influence of NHT learning model on student's mathematics learning outcomes.

Keywords: Model numbered heads together, Matematika, Learning outcomes


Full Text: PDF