Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MEDIA POP UP CANDI BERBANTU MODEL SNOWBALL THROWING TERHADAP PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SDN KEMBANGARUM 2 MRANGGEN
Henry Sugiarti

Last modified: 2018-03-12

Abstract


ABSTRAK

Rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial disebabkan kurangnya pembelajaran yang efektif dalam mengoptimalkan kemampuan belajar siswa karena dalam pembelajaran belum menggunakan media pembelajaran dan model pembelajaran yang menarik sehingga menyebabkan siswa kurang aktif dalam pelaksanaan pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah media Pop Up Candi berbantu model pembelajaran Snowball Throwing efektif terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi Peninggalan Sejarah Hindu dan Budha di Indonesia kelas V SDN Kembangarum 2 Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui keefektifan media Pop Up Candi berbantu model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi Peninggalan Sejarah Hindu dan Budha di Indonesia kelas V SDN Kembangarum 2 Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True-Eksperimental Design dengan jenis Posttest Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Kembangarum 2 Mranggen 2016/2017. Sampel yang diambil adalah 61 siswa dan data diperoleh melalui tes (soal pilihan ganda). Perolehan ketuntasan hasil belajar siswa dalam kelas eksperimen yaitu dari jumlah 30 siswa yang mencapai tuntas belajar yaitu 28 siswa dengan nilai rata-rata 86,5. Sementara kelas kontrol dari jumlah 31 siswa yang mencapai tuntas belajar yaitu 10 siswa dengan rata-rata 59,2. Sedangkan hasil analisis uji t dengan thitung =7,894 dan ttabel 1,678 maka thitung > ttabel sehingga ho ditolak dan ha diterima, artinya ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan media Pop Up Candi berbantu model snowball throwing dengan hasil belajar siswa menggunakan metode konvensional.

Kata kunci : Media Pembelajaran dan model Pembelajaran.

ABSTRACT

Research is the low learning outcomes of Social Science. This is due to the lack of effective learning in optimizing the ability of students because learning in learning has not been using instructional media and interesting learning model that causes students less active in the implementation of learning. The problem in this research is "Is the Pop Up Candi media help the learning model of Snowball Throwing effective against the result of learning Social Science material Heritage of Hindu and Buddhism in Indonesia class V SDN Kembangarum 2 District Mranggen, Demak Regency ?. Goal to be achieved in this research is To know the effectiveness of media Pop Up Candi assisted learning model of Snowball Throwing to result of learning Social Science material Heritage of Hindu and Buddhist in Indonesia class V SDN Kembangarum 2 District Mranggen, Regency of Demak. This type of research is quantitative research in the form of TrueExperimental Design with Posttest Only Control Design type. The population of this study is all students of SDN Kembangarum 2 Mranggen 2016/2017. Samples taken were 61 students that is control class (VA) 31 students and experiment class (VB) 30 students. The data in this study was obtained through the test (multiple choice questions). Obtaining completeness of student learning outcomes in the experimental class of the number of 30 students who complete the study is 28 students with an average value of 86.5. While the control class from the number of 31 students who complete the study is 10 students with an average of 59.2. While the result of t test analysis with tcount = 7,894 and tcable 1.678 then tcount> ttable so ho rejected and ha accepted, it means there are differences in student learning outcomes using the media Pop Up Candi assisted model snowball throwing with student learning outcomes using conventional methods.

Keywords: Learning Media and Learning model.


Full Text: PDF