Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PAIR CHECKS BERBANTU MEDIA KOBANG TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDN TEGALSARI 01 SEMARANG
Atika Rahmasari, Agung Handayanto, Singgih Adhi Prasetya

Last modified: 2018-03-12

Abstract


ABSTRAK

Rendahnya hasil belajar siswa disebabkankurangnya kemampuan guru dalam memilih dan menerapkan model pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pair checks berbantu media KOBANG pada mata pelajaran matematika kelas V SDN Tegalsari 01 Semarang dilihat pada hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dalam bentuk True Eksperimental Design dengan desain Posttest-Only Control Design.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN Tegalsari 01 Semarang tahun pelajaran 2016/2017.Sampel yang diambil adalah 48 siswa menggunakan sampling jenuh. Berdasarkan hasil analisis uji ketuntasan belajar individu menggunakan uji t satu sampel didapatkan thitung lebih dari ttabel (7,754 > 2,069) sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model pair checks berbantu media KOBANG lebih dari 65 dinyatakan tuntas. Presentase klasikal kelompok eksperimen sebesar 91,7%. Disimpulkan model pair checks berbantu media KOBANG dapat mencapai ketuntasan belajar klasikal siswa Hasil analisis data penelitian setelah mendapat perlakuan menggunakan model pair checks berbantu media KOBANG hasil uji t diketahui thitung lebih dari ttabel (2,347 > 1,678) Kesimpulannya bahwa model pair checks berbantu media KOBANG efektif terhadap hasil belajar matematika siswa.

Kata kunci : Model pair checks, media KOBANG, hasil belajar

 

ABSTRACT

Low student learning outcomes due to lack of ability of teachers to select and implement appropriate learning models in learning so that students are less active in learning. This study aims to determine the effectiveness of media-assisted models KOBANG pair checks in mathematics class V SDN Tegalsari 01 Semarang seen on student learning outcomes. This research is an experimental research in the form of True Experimental Design with design Posttest-Only Control Design. The research population is all students of grade V SDN Tegalsari 01 Semarang academic year 2016/2017. Samples taken were 48 students using saturated sampling. Based on the analysis of individual learning completeness test using one sample ttest obtained t over ttable (7.754> 2.069) so it can be concluded that student learning outcomes using a model of media-assisted pair KOBANG checks more than 65 declared complete. The classical percentage of the experimental group was 91.7%.Concluded a model pair of checks-assisted media KOBANG can achieve mastery learning classical student results data analysis after treated using a model pair of checks-assisted media KOBANG t test results are known t over ttable (2,347> 1,678) conclusion that the model pair of checks-assisted media KOBANG effective against Result of learning mathematics student.

Keywords:pair checks model, media KOBANG, learning outcomes.


Full Text: PDF