Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KARTU PINTAR PENGETAHUAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TEMA CITA-CITAKU SISWA SEKOLAH DASAR
Arum Wijareni, Khusnul Fajriyah, Intan Rahmawati

Last modified: 2018-03-09

Abstract


ABSTRAK

Rendahnya hasil belajar siswa pada IPS Tema Cita-citaku disebabkan kurangnya guru dalam menerapkan model pembelajaran dan media pembelajaran membuat tujuan pembelajaran belum tercapai dengan baik. Pembelajaran menggunakan model Two Stay Two Stray berbantu media Kartu Pintar Pengetahuan adalah salah satu solusiyang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray berbantu media Kartu Pintar Pengetahuan terhadap hasil belajar IPS Tema Cita-citaku siswa kelas IV SDN 1 Kalierang Wonosobo.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen bentuk Pre-Experimental Designs dengan desain One grup Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah 45 siswa. Data dianalisis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil uji t,diketahui hasil thitung >ttabel yaitu 10,062 > 2,015 pada taraf signifikan 5%.Kesimpulannya bahwa adanya pengaruh dalam penggunaan model Two Stay Two Stray berbantumedia Kartu Pintar Pengetahuan terhadap hasil belajar siswa IPS Tema Cita-citaku kelas IV SDN1 Kalierang Wonosobo.

Kata Kunci: model pembelajaran Two Stay Two Stray, media kartu pintar pengetahuan, hasil belajar.

ABSTRACT

The low learning outcomes of students in the material IPS dueto the lack of teachers in applying the model of learning and learning media tomake the learning objectives have not been achieved properly. Learning usingTwo Stay Two Stray model assisted pocket media count is one of the right solutions to improvestudent learning outcomes. This study aims to determine the effect of learningmodels Two Stay Two Stray help pocket media Smart Card the results of student learning classIV SDN 1 Kalierang Wonosobo. The type of this research is experimentalresearch form PreExperimental Designs with design One group Pretest-PosttestDesign The sample of this research is 45 students. Data were analyzed using t test.Based on the result of t test, it is known that thitung>10,062 > 2,015  ttable is  at 5%significant level. The conclusion that the influence in the use of model Two Stay Two Strayassisted pocket media Smart Card  the results of student learning materials classdivision IV SDN 1 Kalierang Wonosobo.

Keywords: Two Stay Two Stray learning model, Smart Card media, learning outcomes.


Full Text: PDF