Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
SENI MENGAJAR BAHASA INDONESIA MATERI CERITA ANAK KELAS V MELALUI PENERAPAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTU MEDIA VIDEO DI SD N MUKTIHARJO KIDUL 01
Muhamad Galang Pambudi

Last modified: 2018-08-14

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Muktiharjo Kidul 01 yang belum mencapai KKM, serta rendahnya aktivitas belajar yang ditunjukkan peserta didik. Hal tersebut disebabkan karena proses pembelajaran yang masih bersifat konvensional. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Example non Example berbantu media video terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Muktiharjo Kidul 01 Semarang. Berdasarkan latar belakang tersebut maka diperlukan adanya upaya peningkatan profesi mengajar sebagai alternatif dalam mengajar. Penelitian ini menggunakan desain True Experimental Design dengan jenis Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Muktiharjo Kidul 01 Semarang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VA dengan jumlah 40 siswa dan kelas VB dengan jumlah 40 siswa. Instrumen menggunakan tes pilihan ganda untuk mengetahui hasil belajar bahasa indonesia. Penelitian ini menemukan bahwa model Examle non Example berbantu media video efektif terhadap hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas V SD Negeri Muktiharjo Kidul 01 Semarang.

Full Text: PDF