Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
ANALISIS PENGARUH MEMBACA INTENSIF TERHADAP MINAT BACA DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI PEDURUNGAN TENGAH 01 SEMARANG
Bela Zul Fania

Last modified: 2018-08-14

Abstract


Pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia menyangkut pada kualitas pengajaran membaca. Mengingat sangat penting peranan membaca maka perlu adanya minat membaca pada diri anak. Kurang maksimalnya hasil belajar Bahasa Indonesia tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu minat baca yang masih kurang pada diri siswa. Berdasarkan hasil penelitian dengan metode korelasional diperoleh hasil (1) Hasil regresi sederhana variabel (X) membaca intensif dengan variabel (Y1) minat baca diketahui ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” adalah 2,01 atau 2,01 < 2,021 maka ๐ป0 ditolak. Jadi terdapat pengaruh antara membaca intensif dengan minat baca. (2) Hasil regresi sederhana variabel (X) membaca intensif dengan variabel (Y2) hasil belajar diketahui ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” adalah 2,016 atau 2,016 < 2,021 maka ๐ป0 ditolak. Jadi terdapat pengaruh antara membaca intensif dengan hasil belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara membaca intensif terhadap minat baca dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD N Pedurungan Tengah 01 Semarang.

Full Text: PDF