Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL TALKING STICK BERBANTU SOFTWARE MOVIE MAKER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS
Malikatin Dyah Ayu Rindu Asmaranti

Last modified: 2018-08-14

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh pembelajaran model kooperatif talking stick berbantu software movie maker terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Bangetayu Wetan 01 Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran model kooperatif talking stick berbantu software movie maker terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Bangetayu Wetan 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu suatu metode penelitian yang digunakan untuk menguji pengaruh treatment (perilaku) tertentu. Hasil penelitian yang telah dilakukan pada siswa kelas V SD Negeri Bangetayu Wetan 01 Semarang, hasil perhitungan uji t menunjukkan bahwa harga thitung adalah sebesar 2,43 yang ternyata lebih besar dari harga ttabel taraf signifikan 5% 1,69. Dengan demikian Hα diterima, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model talking stick berbantu movie maker dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas V SD Negeri Bangetayu Wetan 01 Semarang.

Full Text: PDF