Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA MAJALIPACUA IPA KELAS III SEKOLAH DASAR
Siti Masitoh, Diana Endah Handayani

Last modified: 2018-08-14

Abstract


Berdasakan hasil wawancara analisis kebutuhan siswa dengan guru kelas III SD Negeri 2 Kesenet Banjarnegara, dan SD Negeri Pedurungan Kidul 2, konsentrasi dan minat belajar siswa hanya pada dua puluh menit awal kegiatan pembelajaran, menit selanjutnya siswa merasakan kebosanan dan kejenuhan dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan media MAJALIPACUA pada mata pelajaran IPA materi mengidentifikasi hubungan antara perbedaan awan dan cuaca sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian Research and Delevopment (R&D). Dengan prosedur pengembangan yang dikemukakan oleh Pribadi. Pengolahan data diambil dari validasi ahli media, ahli materi IPA, angket tanggapan siswa, dan hasil tes evaluasi. Hasil analisis data pada validasi ahli media 80.5% sangat baik, ahli materi 82.5% sangat baik, angket tanggpan siswa 92,89% sangat baik, dan rata-rata nilai evaluasi belajar 81,73% dengan ketuntasan hasil belajar mencapai 90%. Hal ini menunjukkan media MAJALIPACUA layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran kelas III sekolah dasar.

Full Text: PDF