Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
KEBERTERIMAAN MEDIA BANGUN RUANG AUGMENTED REALITY KELAS V SEKOLAH DASAR
Fajar Cahyadi, Joko Aji Supeno

Last modified: 2018-08-14

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberterimaan Media Bangun Ruang Sederhana Berbasis Augmented Reality Mata Pelajaran Matematika pada siswa kelas V Sekolah Dasar Semester II di SD Negeri Srondol Wetan 02, SD Negeri Gayamsari 02, SD Negeri Pecuk 02. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima fase yaitu analysis, desain, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian pada validasi ahli media sebesar 93%, validasi ahli materi sebesar 91%, ini menunjukkan media Bangun Ruang Augmented Reality telah berhasil dalam pengembangan. Media ini juga layak digunakan karena menjadi suatu pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Hasil evaluasi siswa yang dilakukan pada tiga Sekolah Dasar Negeri memperoleh rata-rata nilai 94, 94, dan 90. Ini menunjukkan hasil belajar siswa meningkat diatas KKM. Sedangkan hasil  tanggapan siswa dan tanggapan guru sebesar  94% dan 92% ini menunjukan bahwa media Bangun Ruang Augmented Reality diterima sehingga memudahkan dalam menggunakan dan menyimpannya.

Full Text: PDF