Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTU MEDIA POHON PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SDN SENDANGMULYO 01 SEMARANG
Mia Afisa, Rasiman Rasiman, Arfilia Wijayanti

Last modified: 2018-03-29

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make a Match berbantu media pohon pintar terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Sendangmulyo 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dalam bentuk True Eksperimental Design Dengan Bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN Sendangmulyo 01 Semarang, sampel dalam penelitian berjumlah 60 siswa dari kelas eksperimen berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol berjumlah 30 siswa yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Data analisis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 81,60 dan nilai rata-rata kelas kontrol 72,93 diperoleh =3,522 dengan α = 5% dan dk = 30+30-2 = 58 diperoleh = 2,002. Karena kriteria pengujian  maka  diterima. Jadi, model pembelajaran Make a Match berbantu media pohon pintar berpengaruh  terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Sendangmulyo 01 Semarang.

Full Text: PDF