Seminar Universitas PGRI Semarang, PENILAIAN KINERJA UNTUK PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU BERKELANJUTAN

Font Size: 
PENILAIAN KINERJA GURU DALAM RANGKA PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
Tri Hartini

Last modified: 2012-11-14

Abstract


Peningkatan kualitas layanan pendidikan di sekolah/madrasah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, memfasiltasi guru untuk mencapai standar kompetensi profesi yang telah ditetapkan, memfasilitasi guru untuk terus memutakhirkan kompetensi yang mereka miliki sekarang dengan apa yang menjadi tuntutan ke depan berkaitan dengan profesinya, memotivasi guru-guru untuk tetap memiliki komitmen melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai tenaga professional, mengangkat citra, harkat, martabat profesi guru, rasa hormat dan kebanggaan kepada penyandang profesi guru. Pelaksanaan PK GURU dimaksudkan bukan untuk menyulitkan guru, tetapi sebaliknya PK GURU dilaksanakan untuk mewujudkan guru yang profesional, karena harkat dan martabat suatu profesi ditentukan oleh kualitas layanan profesi yang bermutu. Pertimbangan dalam pelaksanaan PKB: Analisis kebutuhan guru dilakukan di sekolah oleh guru; Kegiatan dilaksanakan oleh guru, sekolah, KKG/MGMP, LPMP, atau pihak lain; Pembina guru harus menggali sebanyakbanyaknya informasi kebutuhan PKB; Kegiatan PKB melibatkan guru secara aktif. PKG dan PKB memang merupakan hal baru yang sebenarnya harus disikapi dengan positif. Penilaian berkelanjutan yang dilakukan pada guru seharusnya bisa menjadikan guru termotivasi untuk selalu memperbaiki diri. Terdorong untuk selalu maju dan berkembang sehingga mampu mengemban tugas mulia mencerdaskan anak bangsa.

Kata Kunci : Penilaian Kinerja Guru, PKB


Full Text: PDF