Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2014

Font Size: 
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF SD MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENUMBUHKAN NILAI KARAKTER
Fine Reffiane, Henry Januar, Husni Wakhyudin

Last modified: 2015-12-28

Abstract


Kurikulum 2013 merupakan bentuk perubahan dalam dunia pendidikan. Salah satu implementasinya melalui pembelajaran tematik integratif dengan pendekatan saintifik. Nilai karakter peserta didik merupakan respons peserta didik dalam situasi secara bermoral yang dimanifestasikan dalam tindakan nyata melalui tingkah laku yang baik, jujur, bertanggung jawab, menghormati orang lain dan, dan karakter mulia lainnya. Dirancang perangkat pembelajaran yang dapat menumbuhkan nilai karakter peserta didik. Penelitian ini bertujuan (1) mengembangkan perangkat pembelajaran tematik integratif SD yang dapat menumbuhkan nilai karakter dan (2) Untuk mendapatkan efektifitas perangkat pembelajaran tematik integratif SD melalui pendekatan saintifik untuk menumbuhkan nilai karakter dan hasil belajar siswa. Prosedur pengembangan menggunakan model Borg and Gall meliputi (1) Studi Pendahuluan (2) Pengembangan (3) Pengujian. Subjek uji coba perangkat pembelajaran dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Rejosari 3 Semarang. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini instrumen tes hasil belajar dan lembar validasi.
Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif terhadap hasil penilaian validator terhadap perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian, serta analisis kuantitatif hasil observasi dan uji banding tes peserta didik. Hasil penilaian validator didapatkan rata-rata nilai Silabus 4.10, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 4.09, dan Lembar Kerja Kelompok 4.15. Hasil perhitungan didapatkan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 85. 68% peserta didik mempunyai nilai karakter sangat baik dan 32 % peserta didik mempunyai nilai karakter baik.

Perangkat tematik integratif SD dengan pendekatan saintifik dapat dijadikan alternatif yang dapat digunakan guru SD dalam menyajikan pembelajaran tematik untuk menumbuhkan nilai karakter peserta didik.

Kata kunci : tematik integratif, saintifik, nilai karakter


Full Text: 193-200