Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2017

Font Size: 
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN CD INTERAKTIF BERBANTUAN LKS IPA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V DI SD NEGERI KOTA SURAKARTA
Udi Budi Harsiwi, Junaidi Edy Purwanto

Last modified: 2017-11-03

Abstract


Pendahuluan : Secara umum, IPA dapat dipahami sebagai sebuah ilmu yang lahir dan berkembang melalui kegiatan ilmiah yang meliputi observasi, merumuskan masalah, membuat hipotesis, melakukan eksperimen untuk menguji hipotesis, menarik kesimpulan dan penemuan tentang konsep serta teori.
Tujuan : (1) mengembangkan media pembelajaran berbasis CD interaktif; (2) menganalisis perbedaan motivasi antara siswa yang menggunakan media CD Interaktif dan konvensional; (3) menganalisis perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media CD Interaktif dan konvensional; (4) menganalisis perbedaan motivasi dan hasil belajar antara siswa yang belajar IPA menggunakan media CD Interaktif dan konvensional.
Metode : Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan postest only control group design. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN Belek Jagalan dan SDN Wiropaten 1 Surakarta. Pengambilan kelas penelitian berdasarkan teknik random sampling. Kegiatan dalam analisis data meliputi kegiatan pengolahan data dan analisis statistik. Uji ini dilakukan terhadap data postest, perubahan skor postest terhadap kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
Hasil : Berdasarkan tabel model Summary diperoleh besarnya hubungan antara variabel motivasi belajar dan media belajar secara simultan terhadap variabel hasil belajar sebesar 0,422. Hal ini menunjukkan pengaruh yang kuat. Adapun kontribusi secara simultan variabel X1 dan X2 terhadap Y = R2 x 100% = (0,422)2 x 100% = 17,8 %. Sedangkan sisanya 82,2 % dipengaruhi oleh variabel lain. Dari tabel Model Summary diperoleh variabel X1 dan X2 terhadap Y dengan nilai sig = 0,105 dan α = 0,05. Ternyata sig = 0,105 > 0,05, maka Ho diterima, yaitu tidak terdapat hubungan yang signifikan secara simultan antara motivasi belajar dan media pembelajaran terhadap hasil belajar.
Diharapkan dari penelitian ini dapat meningkatkan pemahaman dan prestasi belajar siswa lebih meningkat.
Kata Kunci: CD Interaktif, Motivasi, Hasil Belajar

Full Text: PDF 814-819